oleh

Antusias Masyarakat Tinggi Saat Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji Gelar Sosper di Kelurahan Jahab

KABARBORNEO.ID, KUKAR – Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji menggelar Sosialisasi Perda (Sosper) tentang Pajak Daerah di Kelurahan Jahab, Kabupaten Kutai Kartanegara pada 9-11 mei 2021.

Saat menggelar sosper di Kelurahan Jahab, politikus dari fraksi Gerindra tersebut tidak menyangka atusias masyarakat tinggi.

“Antusiasme masyarakat sangat bagus, bahkan ada usulan dari masyarakat bahwa ada masyarakat yang belum tahu tentang adanya pajak ketentuan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Jadi mereka perlu adanya penjelasan tentang hal itu, selain itu perlu dijelaskan pula tentang ketentuan pajak-pajak lainnya,” ungkap Seno.

Seno mencontohkan, terkait Pajak tersebut yaitu seperti pembayaran pajak untuk kepemilikan kendaraan.

“Kepemilikan kendaraan pertama seperti apa dan berapa pajaknya, pajak kendaraan kedua berapa persen begitupun kendaraan ketiga seperti apa perhitungannya,” Jelas Seno.

Wakil Ketua DPRD Kaltim menyampaikan, masyarakat Kelurahan Jahab dalam kegiatan sosper tersebut memiliki harapan agar pemerintah memulai untuk membuat terobosan baru berupa penyampaian informasi kapan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak.

BACA JUGA :  DPRD Kaltim Perpanjang Masa Kerja Tiga Pasus Raperda

“Hal itu dapat dilakukan Pemerintah bisa dengan cara mengingatkan masyarakat melalui  sms, atau aplikasi seperti whatshapp. Sehingga mereka sudah tau lebih awal tanggal berapa setidaknya harus membayar pajak,”Kata Seno.

Seraya menutup sosper ini, Seno menjelaskan bahwa kendala masyarakat seringkali terlewat dari jatuh tempo dan keterbatasan dana, sehingga dengan upaya memberikan informasi lebih awal.Masyarakat bisa  memepersiapkan waktu dan dana untuk membayar pajak. Ia berharap Bapenda  melalui terobosan IT dapat mengatasai kendala perpajakan ini

“Berangkat dari hal ini, apakah Bapenda dalam hal ini Kepala Bapenda menilai hal ini memungkinkan untuk dilakukan sebagai upaya mengatasi kendala perpajakan? Melalui terobosan IT yang memungkinkan menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat yang bersangkutan,” pungkas Seno seraya bertanya. (Redaksi KabarBorneo)

Berita Terkait