oleh

Akhmed Reza Fachlevi Gelar Sosper Upaya Peningkatan PAD Kaltim

KABARBORNEO,ID. SAMARINDA –Akhmed Reza Fachlevi, Anggota Komisi II DPRD, gelar Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 di Kelurahan Handil Baru, Kecamatan Samboja, Sabtu (22/5/2021) malam.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kaltim (Bapenda), Ismiati, juga ikut hadir dalam kegiatan sosper tersebut yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas terkait peraturan yang sudah ditetapkan. Sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kaltim pada sektor pajak.

Reza mengatakan bahwa masih banyak warga yang belum mengetahui pentingnya membayar pajak .

“Padahal Bapenda Kaltim sudah membuat aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak, terutama mereka yang tinggal di pedesaan maupun daerah terpencil,” ungkapnya.

Reza salah satu politikus Gerindra ini pun mengungkapkan masih banyak masyarakat yang membeli kendaraan dari luar Kaltim terutama perusahaan berpelat non KT.

“Kerugian tentu dialami Kaltim, karena pajak tahunan yang seharusnya menjadi Kaltim malah dinikmati daerah lain. Sementara kendaraan itu menggunakan jalan-jalan yang ada di Kaltim. Padahal ini sangat berpotensi menjadi sumber PAD,” Kata Reza.

BACA JUGA :  Siti Risky Amalia Sosialisasikan Pentingnya Pajak Untuk Pembangunan Kaltim di Desa Sangkima

Ia pun berharap agar masyarakat taat membayar pajak dengan begitu meningkatkan PAD Kaltim, hasilnya untuk pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, dan pendidikan.

“Dengan taat membayar pajak. Otomatis PAD akan meningkat dan pembangunan di Kaltim terus berjalan dan berkembang. Semoga bisa menggenjot PAD sesuai target yang ingin dicapai,” tutup Reza.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati mengatakan bahwa PAD ini mempunyai peran sangat strategis.

“Jadi pajak daerah ini mempunyai peran yang sangat strategis dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, target Kaltim untuk PKB setiap tahunnya itu sekitar Rp 1 triliun,”terang Ismiati.

Ismiati pun mendukung kegiatan sosper ini membuat masyarakat sadar betapa pentingnya taat membayar pajak.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Terlebih dari anggota dewan yang ikut mensosialisasikan Perda Pajak daerah, supaya masyarakat luar Kaltim bisa taat dan patuh membayar pajak,” tutupnya. (Redaksi KabarBorneo)

Berita Terkait